Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TNI mendukung penuh menertibkan aktivitas penambangan di Sumur Tua yang ilegal

jendralmoedokongocolo kedewan cyberblora.com - Anggota Komisi VII DPR RI Satya W Yudha menyatakan mendukung penuh langkah Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menyelamatkan kekayaan atau aset negara dari pelanggaran hukum, salah satunya dengan cara menertibkan aktivitas penambangan di Sumur Tua yang ilegal di wilayah Kecamatan Kedewan dan Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro.
"Sebab, kegiatan para penambang ilegal ini termasuk penipuan terhadap rakyat," ujarnya saat dikonfirmasi bersama Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Dwi Soetjipto, di lokasi Sumur Tua Desa Wonocolo, Kedewan, Jumat (13/3/2015).
Menurutnya, apabila aktivitas ilegal bisa ditertibkan maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bojonegoro bisa lebih tinggi. "PAD yang dimaksud yaitu kontribusi PAD dalam bentuk pajak. Kita bisa menarik pajak dari industri yang tidak terdaftar, kita bisa memanfaatkan tenaga kerja lokal untuk ikut berpartisipasi dalam industri itu. Selain itu, masyarakat juga bisa didata untuk mendapatkan CSR.Namun, jika penambangan dilakukan secara ilegal, CSR tidak bisa ditindalanjuti karena kita tidak tahu siapa tuan rumah yang mengelola. Inilah yang membuat kita prihatin," terang Satya.
Sementara itu, pihaknya mengaku sudah mengetahui kalau pengeboran minyak ilegal tersebut juga didanai investor. Menurutnya, masalah pengelolaan minyak dari Sumur Tua telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 1 Tahun 2008, yang menyatakan bahwa Pengelolaan Sumur Tua harus bekerja sama dengan Koperasi Unit Desa (KUD) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
"Titik-titik pengeboran juga harus diketahui oleh pemilik wilayah pertambangan yakni Pertamina. Tapi, selama ini mereka ngawur dan tak pernah ada komunikasi dengan pihak terkait," tandas Anggota Komisi VII DPR RI tersebut. [oni/lis]

*/sumber blokbojonegoro.com

Post a Comment for "TNI mendukung penuh menertibkan aktivitas penambangan di Sumur Tua yang ilegal"