Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operasional Pabrik Gula Blora Molor

Pembangunan pabrik gula Gendhis Multi Manis di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, molor. Operasional pabrik yang semula direncanakan mulai November 2013 ini ditunda hingga Mei tahun depan.

"Pekan ketiga Desember ini uji coba mesin, operasional mungkin Mei tahun depan," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi pada Tempo, Selasa, 26 November 2013.

Bayu berharap, pabrik gula yang berdiri di atas lahan seluas 60 hektare ini akan segera beroperasi. "Ya, saya harap bisa segera beroperasi, sehingga mampu menambah pasokan gula dan dapat menstabilkan harga gula di dalam negeri," kata Bayu.

Untuk tahap awal, kapasitas giling pabrik yang pembangunannya memakan biaya hingga Rp 1,2 triliun itu mencapai 4.000 ton cane per day (TCD), atau menghasilkan sekitar 600 ton gula kristal putih per hari. Namun kapasitas tersebut bisa dikembangkan hingga 6.000 TCD sesuai ketersediaan bahan baku.

Dengan kapasitas tersebut, dalam setahun, produksi gula Gendhis Multi Manis mencapai 200 ribu ton, atau menyumbang sekitar 4-5 persen dari pasar gula nasional.

Post a Comment for "Operasional Pabrik Gula Blora Molor"