Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beruang Merah usung memori 1960

Menjelang ajang Euro 2012, Rusia menaruh harapan besar bisa meraih sukses. Tentu hal itu tidak bisa lepas dari bayang-bayang kejayaan saat masih bernama Uni Soviet. Pada saat itu, tim Negeri Beruang Merah keluar sebagai juara di kompetisi sepak bola bergengsi di dataran Eropa pada 1960.

Sejak memenangkan ajang Euro pada 1960 di masa Uni Soviet, praktis sampai saat ini Rusia belum mengantongi gelar di ajang kompetisi sepakbola paling bergengsi Eropa itu.

Pada 1996, Rusia mencoba peruntungan di ajang Euro. Saat itu, Oleg Romantsev didaulat mengasuh tim itu. Dia merekrut beberapa pemain tampil pada ajang Piala Dunia di Amerika dua tahun sebelumnya. Dalam babak kualifikasi, mereka menyisihkan Skotlandia, Yunani, Finlandia, Republik San Marino, dan Kep Faroe.

Walau berhasil lolos dari penyisihan, tantangan berat menanti. Saat itu mereka satu grup dengan Jerman, Republik Ceko, dan Italia. Alhasil, walau tim Beruang Merah bermain imbang dengan Republik Ceko, tapi perjuangan mereka kandas saat gagal meraup poin aman setelah bertekuk lutut dari Jerman dan Italia.

Pada kualifikasi Euro 2000, Rusia gagal total saat tersisihdari Ukraina, Prancis, dan Islandia. Anatoliy Byshotsev yang ditunjuk jadi manajer saat itu langsung dipecat. Oleg Romantsev kembali didaulat menjadi pelatih menggantikan Byshotsev.

Pada turnamen Euro empat tahun kemudian, Rusia mencoba bangkit. Mereka berhasil lolos dari babak kualifikasi. Mereka satu grup dengan Yunani, Spanyol, dan Portugal. Kalah dari Negeri Matador di laga awal, perlawanan tim Beruang Merah juga kandas ketika berhadapan lawan Portugal. Meski menang melawan Yunani, poin mereka tidak cukup buat melaju ke babak perempat final.

Pada 2008, di bawah asuhan pelatih tenar Guus Hiddink, mereka tertatih di babak kualifikasi. Banyak pujian datang atas penampilan mereka saat itu. Mereka nyaris masuk babak final ketika mimpi mereka di partai semi final harus buyar karena kalah telak dari Spanyol 0-3. Kini mereka kembali dengan harapan mengulang kejayaan Uni Soviet pada 1960.

Daftar skuad resmi Rusia

Kiper: Igor Akinfeyev (CSKA Moscow), Vyacheslav Malafeyev (Zenit St Petersburg), Anton Shunin (Dynamo Moscow)

Belakang: Alexander Anyukov (Zenit St Petersburg), Alexei Berezutsky (CSKA Moscow), Sergei Ignashevich (CSKA Moscow), Roman Sharonov (Rubin Kazan), Vladimir Granat (Dynamo Moscow), Kirill Nababkin (CSKA Moscow)

Tengah: Igor Denisov (Zenit St Petersburg), Roman Shirokov (Zenit St Petersburg), Konstantin Zyryanov (Zenit St Petersburg), Yuri Zhirkov (Anzhi Makhachkala), Alan Dzagoyev (CSKA Moscow), Igor Semshov (Dynamo Moscow), Denis Glushakov (Lokomotiv Moscow), Marat Izmailov (Sporting), Dmitry Kombarov (Spartak Moscow)

Depan: Andrei Arshavin (Arsenal), Alexander Kerzhakov (Zenit St Petersburg), Roman Pavlyuchenko (Lokomotiv Moscow), Alexander Kokorin (Dynamo Moscow), Pavel Pogrebnyak (Fulham).



Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Post a Comment for "Beruang Merah usung memori 1960"