Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sayuran dan Buah buahan bisa mengurangi stres

BloraCyber - Rutin mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan ikan bantu cegah depresi. Sementara menjalankan diet tidak sehat dan banyak mengkonsumsi makanan berlemak berpotensi sebabkan depresi.

Berdasarkan laporan dari hasil penelitian yang diterbitkan Universitas London dalam British Journal of Psychiatry, diketemukan fakta setiap individu yang banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tingkat depresi yang dimiliki jauh berkurang.

Dalam riset penelitian itu, peneliti membandingkan dua grup berbeda. Grup pertama merupakan sekumpulan individu yang cenderung bergaya hidup sehat dengan memperhatikan pola makan mereka. Sementara grup kedua merupakan sekumpulan individu yang mengonsumsi makanan serba goreng, dan mengandung lemak serta gula tinggi.

Hasilnya, hanya 26% dari grup pertama yang berisiko terkena depresi. Sementara, grup kedua bersiko dua kali lipat dari grup pertama sekitar 58%.

Dalam keterangannya, peneliti menemukan fakta setiap individu dalam grup pertama banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Kandungan oksidan yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan diyakini peneliti menjadi faktor pengurang risiko depresi.

Peneliti juga menemukan, sebagian besar individu pada grup pertama banyak mengkonsumsi ikan. Artinya, protein yang terkandung dalam ikan mengandung asam lemak tak jenuh yang menstimulasikan aktivitas otak. Dengan begitu mengurangi potensi depresi.

Sementara pada grup kedua, di mana merupakan sekumpulan individu yang tidak memiliki pola makan sehat, banyak menerima efek negatif dari makanan yang dikonsumsinya.

"Penelitian yang kami lakukan menyarankan agar dibentuk semacam kebijakan mengonsumsi makanan yang sehat guna menghasilkan manfaat secara umum kepada setiap individu. Selain itu, menerapkan pola makan sehat bisa menjadi cara terbaik guna menghindarkan diri dari depresi, " ungkap peneliti seperti yang dilansir dari DailyMail.

Penelitian mengambil 3.486 sukarelawan yang rata-rata berusia 55 tahun dan bekerja sebagai pelayan publik di London, Inggris. Setiap sukarelawan diberikan kuesioner yang menggambarkan pola makan sukarelawan dan catatan depresi yang dimiliki sukarelawan.

Post a Comment for "Sayuran dan Buah buahan bisa mengurangi stres"