Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti Inikah Tren Penyebaran Virus di 2013?

virusDilihat dari penyebarannya, penyebaran virus di tahun 2013 diprediksi akan hampir sama dengan tahun 2012. Analis virus di Vaksincom, Adang Juhar Taufik, menilai phishing masih akan bertahan sebagai ancaman yang banyak beredar di era mobile dan jejaring sosial.

Begitu juga dengan antivirus palsu akan masih marak berkeliaran di tahun 2013. Ancaman lain yang perlu diwaspadai di tahun 2013 adalah ancaman di smartphone Android. Sistem operasi Android akan banyak diincar virus karena semakin banyak pengguna menggunakan smartphone berbasis Android.

Untuk menghadapi serangan ini, pengguna sebaiknya menginstall antivirus yang up-to-date, mengupdate security patch pada sistem operasi dan software yang terinstal di komputer. Selain itu hati-hati menggunakan removable media seperti flashdisk saat bertukar data dan hindari mendownload file dari website yang tidak dikenal.

Cara pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan selalu waspada terhadap fle-file yang mencurigakan. Contoh, file dengan 2 buah exstension atau file executable yang terlihat mencurigakan.

Waspadai pula link-link yang berasal dari luar. Jika perlu scan terlebih dulu dengan antivirus sebelum dibuka. Jangan lupa melakukan backup data secara teratur untuk mengantisipasi jika data hilang.
(ey/EY/tb-liputan6)

Post a Comment for "Seperti Inikah Tren Penyebaran Virus di 2013?"