Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

kehidupan Pangeran William



(Foto:dok/guardian.co.uk)



Namun, ada beberapa foto yang justru menampilkan informasi sensitif.

LONDON - Foto-foto yang kemarin dirilis di situs Kerajaan Inggris awalnya ditujukan untuk menunjukkan kepada publik mengenai kehidupan Pangeran William ketika menjalani tugasnya sehari-hari sebagai pilot helikopter pencari dan penyelamat milik Angkatan Udara Kerajaan. Namun, jika disimak baik-baik, foto-foto tersebut sesungguhnya menguak hal yang lebih banyak lagi.

Sejumlah foto itu memperlihatkan informasi yang sensitif, nama-nama dan kata kunci yang bisa terlihat di layar komputer, dokumen-dokumen yang ada di atas meja dan pamflet yang digantung di belakang kepala Pangeran William kala ia menghadiri rapat. Foto-foto itu diambil oleh fotografer Kementerian Pertahanan di RAF Valley di Anglesey, Wales utara, tempat pewaris tahta Inggris itu bertugas. Foto-foto ini awalnya ditujukan sebagai upaya kehumasan untuk memperlihatkan peranan Pangeran William sebagai anggota skuadron regu Pencari dan Penyelamat RAF, namun kini berbalik menimbulkan situasi yang memalukan.

Empat dari 10 foto yang dirilis termasuk yang di dalam blog disebut sebagai, "Satu hari dalam kehidupan Letnan Penerbang Wales", terpaksa harus dihapus dan diganti dengan foto-foto baru dimana informasi yang sensitif itu sudah disamarkan.

"Sejumlah foto dari Letnan Penerbang Wales diambil ketika ia sedang bekerja sebagai pilot helikopter Pencari dan Penyelamat di RAF Valley di Anglesey, Wales," sahut seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris kepada Guardian. "Kata kunci dan nama-nama yang terlihat kini sudah diperbaiki ulang sebagai upaya pencegahan dan kami merasa senang bahwa foto-foto tersebut tidak melawan aturan keamanan."

Foto-foto tersebut termasuk foto ketika Duke of Cambridge sedang menerima arahan di pagi hari di Ruang Operasi RAF Valley, foto Pangeran William sedang memeriksa helikopter Sea King yang biasa diterbangkannya, membuat kopi di dapur para kru awak pesawat dan ketika Pangeran sedang merapikan tempat tidur yang dipakainya ketika sedang tugas jaga 24 jam di pangkalan. Satu hal yang pasti: tempat tinggal di pangkalan tentu saja tidak semewah Istana Buckingham.

Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton juga menambahkan sejumlah foto ke dalam situs resmi Kerajaan Inggris, namun karena foto-foto yang dimuat itu adalah foto-foto yang menampilkan keindahan alam yang diambil oleh Middleton saat berkunjung ke Stasiun Penelitian di Sungai Danum, Malaysia, foto-foto itu tidak menimbulkan masalah. Kunjungan ke tempat terpencil itu dilakukan ketika ia melakukan tur dalam rangka Perayaan Tahun Berlian Ratu Elizabeth bertahta bulan September lalu bersama suaminya, Duke of Cambridge ke Asia Tenggara dan Pasifik Selatan.

Middleton berhasil mengambil gambar yang memukau dalam warna hitam dan putih saat sinar matahari menembus pepohonan saat mereka berjalan kaki melintasi hutan dekat dengan stasiun penelitian Sungai Danum, termasuk foto Gunung Kinabalu, yang merupakan gunung tertinggi di pulau Kalimantan dan satwa langka Orangutan yang berada di dalam hutan tropis itu. Tidak ada foto yang menampilkan pasangan Kerajaan Inggris itu sedang berduaan, karena Middleton kelihatannya lebih fokus untuk menikmati keindahan alam yang berada di sekelilingnya ketimbang pada Pangeran yang ada di sampingnya.
Sumber : Guardian/ABCNews

Post a Comment for "kehidupan Pangeran William"