Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kecelakaan Maut di Baturaden



Jakarta - Bus Raharja yang mengangkut puluhan rombongan mahasiswa dari fakultas kedokteran dari berbagai Universitas di Indonesia mengalamai kecelakaan karena rem blong. Pihak kepolisian memastikan rem jadi penyebab setelah melakukan penyelidikan.

"Dari hasil olah TKP bus tersebut mengalami rem blong. Kita juga sudah minta Dinas perhubungan untuk cek kelayakan bus tersebut akan dilakukan pemeriksaan apakah bus tersebut merupakan bus yg disewa oleh mahasiswa atau bus cadangan," kata AKBP Dwiyono kepada wartawan, Senin (6/11/2012).

Menurut dia, kindisi jalan di baturaden yang menurun membuat bus mengalami kendala dalam pengereman hingga menyebabkan korban jiwa 6 orang. Kecelakaan tersebut merenggut 6 korban meninggal dunia, 5 meninggal dilokasi 1 meninggal di RS DKT. Korban adalah sopir, 2 penumpang bus, 2 pengendara mio, 1 pembonceng revo," jelasnya.

Sementara itu, korban tewas dalam kecelakaan maut yang terjadi di KM 9, Desa Rempoah, Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah sudah diambil pihak keluarga. Hanya 1 jenazah yang saat ini masih berada di kamar jenazah Rumah Sakit Margono Soekardjo Purwokerto.

"Semua jenazah sudah diambil pihak keluarga dan perwakilan sejak semalam," kata Ali, Petugas Forensik Kamar Jenazah Rumah Sakit Margono Soekardjo Purwokerto kepada detikcom

Menurut dia, saat ini hanya tinggal satu jenazah yang belum diambil pihak keluarga karena masih mengurus surat-surat di kepolisian.

"Jenazah yang belum diambil ini atas nama Siti Hariyati (40). Dia sebelumnya tidak diketahui identitasnya. Tapi sekarang pihak keluarga sudah datang dan memastikan jika jenazah ini anggota keluarganya," jelasnya.

Sementara kedua jenazah mahasiswi Universitas Diponegoro Semarang yang tewas dalam kecelakaan maut tersebut juga sudah diambil oleh perwakilan Undip.

"Kedua jenazah mahasiswi Undip sudah dibawa ke Semarang sejak pukul 01.00 WIB tadi malam," jelasnya.

Data jenazah yang sudah dibawa oleh pihak keluarga dan perwakilan sejak semalam dari Kamar jenazah adalah :

1. Novitia Lutfiatul Qhoiriah (19), mahasiswa Undip, di bawa Ke Semarang pada pukul 01.00 WIB.

2. Esti Nuha Ilmazakia (18) mahasiswa Undip, di bawa ke Semarang pada pukul 01.00 WIB.

3. Ari Permadi (35) warga Desa Banjarsari, Nusawungu, Cilacap, dibawa pukul 01.00 WIB.

4. Kuswandi (sopir bus), dibawa ke Yogyakarta Pukul 01.30 WIB.

5. Haya Inas Zafira (19), warga Rempoah Baturraden, Banyumas. Sudah diambil pihak keluarga sejak semalam.

6. Siti Hariyati (40) sedang diurus pihak keluarga.

Sedangkan menurut informasi, korban luka-luka yang saat ini masih berada di Rumah Sakit DKT Wijayakusuma hanya tinggal 1 orang atas nama Fery Budianto (28) kernet bus Raharja.

Seperti diberitakan, bus Raharja pengangkut rombongan dari Ikatan Mahasiswa Kedokteran Muslim Indonesia bernopol AB 2586 AC, mengalami oleng lalu pada kilometer 9 tepatnya di desa Rempoah bus tersebut oleng ke kiri menabrak tembok warung lalu banting kekanan menabrak sebuah mobil isuzu panter bernopol R 8569 SB hingga terseret menabrak tembok, mobil bus masih melaju hingga menabrak motor mio bernopol R 4986 JA dan sebuah gerobak dibelakang mobil panter, kemudian kembali menabrak sebuah motor honda revo hingga akhirnya berhenti setelah menabrak 3 buah pohon palem dijalan tersebut.

Rombongan para mahasiswa dan mahasiswi yang berada di bus tersebut akan melakukan kegiatan City Tour. Kegiatan itu dilakukan setelah Seminar Nasional yang digelar UKKI Fakultas Kedokteran Unsoed usai dari Gedung Roediro Unsoed. Setelah usai itu, mereka berkeliling ke Baturraden.

Post a Comment for "Kecelakaan Maut di Baturaden"