Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MINUM KOPI TERNYATA BISA MENGHINDARI KANKER PROSTAT


detail berita
Kopi (Foto: Foxnews)


BERDASARKAN hasil sebuah penelitian, rutin mengonsumsi kopi secara teratur dapat membuat pria terhindar dari risiko kanker prostat.

Para peneliti di Harvard School of Public Health mengatakan pria yang minum kopi setiap hari, lebih rendah sekitar 20 hingga 60 persen untuk mengembangkan segala bentuk penyakit.

Para pria yang mengonsumsi enam atau lebih cangkir kopi dalam sehari meminimalisir kemungkinan berkembang sel kanker prostat yang mematikan. Bahkan jika hanya mengonsumsi sebanyak tiga cangkir kopi saja, dapat menurunkan risiko sebesar 30 persen, demikian sebagaimana dilansir Foxnews, Kamis (17/5/2012).

Kafein tampaknya tidak menjadi faktor dalam penelitian ini, hal ini terlihat dari 45.000 peserta yang melaporkan kebiasaan mereka mengonsumsi kopi. Kesemuanya tidak dibedakan meminum kopi yang berkafein atau yang tanpa kafein.

Para peneliti mengatakan terdapat senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam kopi yang mempengaruhi tingkat insulin tubuh dan tingkat hormon seks. Kedua hal tersebut pun memiliki keterkaitan dengan kanker prostat.

Dalam tulisannya pada Journal of National Cancer Institute, para ilmuwan mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk mengisolasi komponen kopi yang mungkin bertanggung jawab akan kaitannya dengan kanker prostat.

Kendati demikian, untuk menjaga kualitas kesehatan, diperlukan keseimbangan, kelengkapan, dan keamanan asupan yang dikonsumsi.

Bagaimanapun kopi yang mengandung kafein, jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan pencernaan perut, dan insomnia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu terlalu banyak kafein juga menyebabkan gangguan buang air kecil dan juga berisiko bagi kesehatan jantung.

Adapun asupan makanan lain untuk menjaga kesehatan prostat adalah dengan diet rendah lemak, dan mengonsumsi lima atau lebih porsi sayuran dalam sehari.

Makanan yang tinggi kandungan zinc juga bermanfaat bagi kesehatan prostat, seperti kerang, kepiting, kacang panggang, bebek, domba, dan daging sapi. (tty)

Post a Comment for "MINUM KOPI TERNYATA BISA MENGHINDARI KANKER PROSTAT"