Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

James Riady & Pemakaman Mewah

JAMES RIADY. SAN DIEGO HILLS.
Pengusaha kaya pemilik Lippo Group James Riady bakal terus melebarkan bisnis pemakaman mewahnya yaitu San Diego Hills ke kota-kota besar lain. Apa alasan James mengembangkan bisnis ini?

James mengatakan, tren kehidupan masyarakat Indonesia bakal terus meningkat, begitu juga dengan tren kemarin. Ini yang menyebabkan James terus mengembangkan bisnis properti termasuk pemakaman mewah.

"Bagian dari pengembangan masyarakat kita terus berkembang dan otomatis gaya hidup berubah. Dulu waktu Indonesia 10 tahun lalu, yang masyarakat kita inginkan lain dibandingkan sekarang, dulu kalau ngantre setengah jam oke, tapi kalau sekarang orang ngantre setengah jam bisa marah, nunggu bikin KTP juga nggak mau lama-lama, jadi sama halnya mengenai pemakaman," ujar James di kantor Bappenas, Jalan Diponegoro, Jakarta.

James menilai saat ini pemakaman tidak boleh hanya menjadi tempat yang sedih bagi pihak keluarga. Untuk itu, pemakaman perlu mempunyai fasilitas-fasilitas lain.

"Kematian membawa kesedihan tetapi pemakaman zaman sekarang itu sebagian besar itu tidak mengurangi kesedihan tapi menambah kesedihan dengan tidak adanya fasilitas, dengan tidak nyaman. Jadi diharapkan, yang akan datang itu fasilitas pemakaman itu bukan sekadar fasilitas pemakaman tapi tempat yang memberi hormat bagi orang yang meninggal," ujarnya.

Melihat tren ini, James mengakui akan terus melakukan ekspansi pembuatan makam mewah di kota-kota besar, seperti Medan dan Surabaya.

"Saya kira banyak yang saat ini memikirkan ke sana (ekspansi di kota-kota besar)," tandasnya.

Nama pemakaman mewah San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat kembali mencuat belakangan ini. Beberapa publik figur seperti pejabat antara lain Wamen ESDM Widjajono Partowidagdo dan Menkes non aktif Endang Rahayu Sedyaningsih dimakamkan di lokasi tersebut.

San Diego Hills kini memang sudah menjadi lokasi favorit bagi kalangan atas seperti pejabat, artis, atau pengusaha sebagai tempat peristirahatan terakhir.

Kawasan San Diego Hills kini memiliki luas 500 hektar, rencananya dilokasi lainnya seperti Surabaya akan disiapkan dengan luas lahan 300 hektar.

San Diego Hills dianggap sebagai tempat memorial park paling indah di Indonesia. Memorial park ini dilengkapi fasilitas restoran, kapel, masjid, kolam renang, tempat bermain anak, danau dan lainnya. Bahkan lokasi pemakaman ini menyediakan lokasi meeting, outbound dan tempat untuk menikah.~~




[ detik.com/ bea-indonesia.org ]
Belajar
Belajar MARI KITA TINGKATKAN PERSAUDARAAN

Post a Comment for "James Riady & Pemakaman Mewah"