Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Empat Makanan Pemicu Sakit Kepala



JIKA Andapunya kebiasaan minum obat untuk meredakan sakit kepala, mulai sekarang harus pikir panjang terlebih dahulu. Sebab,  jika sakit kepala itu selalu datang dan pergi, berarti Anda bisa kecanduan obat-obatan.

Menurut para ahli, sakit kepala biasa sebenarnya berasal dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Cara terbaik agar terhindar dari serangan sakit kepala tentu saja dengan menghindari makanan yang dapat memicu sakit kepala. Berikut ini, empat jenis makanan yang bisa memicu sakit kepala.

1. Keju
Keju mengandung kadar protein yang tinggi. Di dalam tubuh, protein menghasilkan tyramine, suatu zat yang menyebabkan sakit kepala. Ketika makanan kaya tyramine tertelan bersama dengan penghalang oksidasi monoamin, tyramine bertanggung jawab atas apa yang disebut ‘efek keju’. Penghalang oksidasi monoamin adalah obat kelas antidepresan yang diresepkan untuk pengobatan depresi. Ini sangat efektif dalam mengobati depresi atipikal. Jadi, pastikan jenis keju yang dimakan dan jangan mengonsumsinya terlalu banyak.

2. Cokelat
Jika memiliki alergi terhadap kakao, kita mungkin merasa sakit di kepala, meskipun hanya mengonsumsi dalam jumlah kecil. Phenylethylamine dan theobromine, dua komponen dalam cokelat yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga rasa sakit kepala dapat muncul setelah kita mengonsumsinya. Phenylethylamine berfungsi sebagai neurotransmitter di sistem saraf pusat. Sementara theobromine memiliki efek yang sama, tetapi lebih rendah dari kafein, pada sistem saraf manusia.

3. Kopi
Menariknya, kopi dapat bekerja dalam dua cara yang berlawanan. Minuman ini dapat menyembuhkan sakit kepala, dan juga dapat menjadi alasan utama pemicu sakit kepala. Campuran kafein dan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Junk food
Komponen utama dari junk food adalah mono sodium glutamat (MSG), yang merupakan salah satu pemicu sakit kepala. Selain itu, junk food membutuhkan waktu ekstra untuk dicerna. Hal inilah yang membuat aliran darah berjalan lebih cepat ke otak sehingga muncullah sakit kepala.

Meskipun demikian, ada juga beberapa makanan yang bisa mengobati sakit kepala. Salah satunya adalah es krim yang dapat mengobati migrain.(Int/Wrt1)

Post a Comment for "Empat Makanan Pemicu Sakit Kepala"