Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

EDUKASI MESIN INJEKSI MOTOR METIC




image : http://id.wikipedia.org

Yamaha dan Honda pada awal tahun ini telah memperkenalkan kedua motor matic terbaru mereka yang ditempeli dengan teknologi baru, yaitu teknologi injeksi. Yamaha dengan Mio J-nya menggunakan teknologi baru yang dinamakan YMjet, sedangkan honda dengan spacy-nya menggunakan teknologi baru yang diberi nama PGM-Fi.
Kedua motor yang dikeluarkan oleh dua produsen motor di Indonesia ini mengklaim produk terbarunya tersebut sebagai motor matic injeksi yang irit dengan  harga murah. Harga motor yamaha Mio J Untuk on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000. Sedangkan pesaingnya honda spacy Honda Spacy PGM-FI CW dijual Rp 12,8 juta. Sedangkan Honda Spacy PGM-FI SW dilepas dengan harga Rp 12 juta.
Pertanyaan yang ada di benak masyarakat mungkin, kenapa teknologi injeksi yang dibenamkan dalam motor matic ini dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi irit?. Menurut artikel dari Wikipedia Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator[rujukan?] . Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.
Keuntungan Teknologi Injeksi
Keuntungan yang didapat pengemudi dari adanya mesin berteknologi injeksi adalah kendaraan menjadi lebih halus dan lebih respon mesin yang lebih bisa diandalkan karena adanya transisi throttle yang cepat, menyalakan mobil lebih mudah, lebih tahan terhadap suhu ekstrem, meningkatkan interval perawatan kendaraan, dan meningkatkan efisiensi. Lebih jauh, mesin dengan injeksi tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu seperti pada mesin karburator.
Rasio antara bensin dengan udara di dalam mesin pasti akurat karena semuanya dikontrol untuk mendapatkan performa mesin terbaik, emisi, dan efisiensi. Banyak sistem injeksi bahan bakar modern yang sangat akurat, mereka menggunakan PID controller-kontrol yang didasarkan pada signal balik dari sensor oksigen, sebuah sensor mass airflow (MAF) atau manifold absolute pressure (MAP), sebuah sensor posisi throttle, dan minimal satu sensor di crankshaft atau camshaft untuk memonitor putaran mesin. Sistem injeksi bahan bakar dapat bekerja dengan cepat terhadap perubahan posisi throttle dan mengontrol jumlah bahan bakar yang dimasukkan sesuai dengan kemauan mesin sesuai dengan kebutuhan (misalnya engine load, suhu udara, temperatur mesin, level oktan bahan bakar, dan tekanan atmosfer.
Isu yang beredar di masyarakat teknologi injeksi malah dianggap akan membahayakan dalam berkendara, karena anggapan masyarakat teknologi ini malah menyulitkan mereka  dalam berkendara, dan masyarakat juga kebingungan tentang apakah layanan servis untuk teknologi ini sudah tersedia di mana-mana atau belum.
Kedua perusahaan tersebut seharusnya lebih intens untuk mengedukasi pasar mereka. Sebenarnya bagi yamaha, pada tahun-tahun sebelumnya telah berhasil sukses meng-edukasi pasar wanita dengan produk motor matic mio-nya. Seharusnya hal itu dilakukan juga  pada motor matic dengan teknologi baru ini.(rei)

Post a Comment for "EDUKASI MESIN INJEKSI MOTOR METIC"